SENAT MAHASISWA DAN RESIMEN MAHASISWA APIKES BANDUNG MENGIKUTI ToT (Training of Trainer)

img-20160915-wa0022

(apikesbandung.ac.id) Kamis, 15 September 2016 Senat Mahasiswa (SEMA) dan Resimen Mahasiswa (MENWA) Akademi Perekam Medis dan Informatika Kesehatan (APIKES) Bandung mengikuti kegiatan ToT (Training of Trainer) bertempat di Depo Pendidikan Sekolah Calon Tamtama (Dodik Secata) Rindam III/Siliwangi, Kec. Pangalengan, Kab. Bandung.

Menurut Plt. Wakil Direktur III Bidang Riset, Kerja Sama dan Kemahasiswaan APIKES Bandung Muhamad Zaenudin MS, “kegiatan ini dimaksudkan untuk membekali kemampuan dan pengetahuan bagi pengurus Senat Mahasiswa (SEMA) serta anggota Resimen Mahasiswa (MENWA) yang nantinya akan dilibatkan sebagai panitia Masa Orientasi Mahasiswa Baru (MOSMA) Tahun Akademik 2016/2017”. Adapun pelaksanaan MOSMA  tahun akademik 2016/2017 akan diselenggarakan pada tanggal 28 September 2016 sampai dengan 02 Oktober 2016. Lebih lanjut iapun menjelaskan dengan diberikannya pembekalan ini diharapkan hal-hal negatif yang umumnya terjadi dalam pelaksanaan orientasi mahasiswa seperti perpeloncoan dan pelanggaran terhadap norma, etika serta hukum dapat ditiadakan. Kegiatan ToT ini diawali dengan pengarahan oleh Assops Skomenwa Mahawarman (Dede Sunardi, S.Sy), pembekalan Wakil Komandan Dodik Secata Rindam III/Siliwangi (Kapten Inf. Nugraha), pembekalan Komandan Menwa Mahawarman (Wawan Setiawan, S.H., M.H.) dan orientasi lingkungan Dodik Secata Rindam III/Siliwangi.

Pada kesempatan yang sama Direktur APIKES Bandung Dr. H. Dedi Suhardi, M.Si, yang juga turut hadir dalam kegiatan ini menuturkan “pada pelaksanaan MOSMA tahun ini ada beberapa hal yang berbeda dari pelaksaan MOSMA tahun sebelumnya”. Pertama, MOSMA tahun ini bertujuan bukan hanya untuk mengenalkan kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik melainkan juga diisi dengan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara yang dikemas dalam Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN). Kedua, pelaksaan MOSMA bukan hanya dilaksanakan di lingkungan Kampus tetapi juga di luar Kampus dan Dodik Secata Rindam III/Siliwangi khusus, sehingga cakrawala berpikir mahasiswa bisa lebih luas bahwa proses pembelajaran sesungguhnya bisa dimana saja tidak terbatas dalam ruang perkuliahan. Ketiga, dalam pelaksanaan MOSMA nanti APIKES Bandung tidak hanya melibatkan unsur pimpinan perguruan tinggi, dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa tetapi juga menggandeng Perhimpuan Profesional Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Indonesia (PORMIKI), Skomenwa Mahawarman dan Dodik Secata Rindam III/Siliwangi. Keempat, MOSMA tahun ini APIKES Bandung mencoba merealisasikan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian terhadap masyarakat melalui program APIKES Berbakti dengan mengajak mahasiswa baru untuk mengumpulkan dan menyalurkan bantuan berupa beras kepada masyarakat sekitar kampus yang membutuhkan.

Terkait dengan konsep MOSMA tahun ini yang berbeda Direktur APIKES Bandung menjelaskan hal ini sudah sejalan dengan surat edaran Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti nomor 116/B1/SK/2016 tentang Pedoman Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru dan surat edaran Koordinator Kopertis Wilayah IV nomor 4110/K4/KM/2016 tentang Pengenalan Kehidupan kampus bagi Mahasiswa Baru.

img-20160915-wa0040 img-20160915-wa0023

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015. APIKES BANDUNG. All Right Reserved